Tips dan Cara Mudah Mendapatkan Uang dari Blog


Berdasarkan pengamatan saya di dunia bisnis blog selama ini, jika sebuah blog sederhana punya PR3, harga rata-rata sebuah linknya adalah sekitar $30-$50 per tahun. Ini hanya harga rata-rata, karena acapkali juga kita bisa mendapatkan advertiser yang membeli link dengan harga yang cukup tinggi. Apatah lagi jika blog kita punya PR7 atau PR8. Wow, dahsyat!
Nah, berapa link yang bisa kita jual dari sebuah blog? Pertanyaan yang bagus. Sejatinya tidak ada yang melarang kita menjual link sebanyak apapun di sebuah blog, makanya penghasilan sebuah blog hanya dari menjual link saja sudah bisa luar biasa. Saya pernah coba menghitung potensi sebuah blog PR3 hanya dari paid link saja sudah bisa menghasilkan uang sekitar 10 juta rupiah!
Hanya saja, ada sejumlah pertimbangan mengapa kita dianjurkan untuk membatasi penjualan link di sebuah blog. Di antaranya adalah, jika sebuah blog memiliki terlalu banyak link yang mentaut situs lain, maka kemungkinan besar blog tersebut akan dipenalti (suspended) oleh Google.
Google sebenarnya tidak membolehkan praktek jual beli link untuk meningkatkan popularitas dan ranking sebuah situs, apalagi jika link yang terpasang di blog kita mengarah kepada situs lain yang tidak relevan dengan konten blog kita, terutama yang berbau pornografi (porn), obat-obatan terlarang (pharma) dan judi (gambling).
Makanya, banyak advertiser yang menghendaki link yang dia pasang tidak diberikan judul sebagai paid links, sponsored links, dan nama lain yang bisa mengindikasikan bahwa link tersebut adalah link berbayar.
Selain itu, jika sebuah blog sudah memiliki lebih dari 20 link yang mengarah ke luar blog tersebut (outbound links/outgoing links), maka para pembeli link (advertiser) biasanya sudah enggan membeli link lagi di blog itu. Kalaupun mereka mau beli link, biasanya harga yang mereka tawarkan sudah jauh dari harga normalnya. Anda mau?
Pertimbangan lain untuk membatasi jumlah link berbayar di blog kita adalah untuk membuat pengunjung (visitor) masih tetap nyaman dengan tampilan blog kita, karena tidak terlalu terpapar dengan berjubel link yang mereka tidak perlukan sama sekali.
Secara umum, semakin sedikit jumlah link berbayar di sebuah blog, maka semakin tinggi harga link yang bisa terjual dan akan semakin aman blog tersebut dari ancaman banned dari mesin pencari.
cara menjual link di blog  Secara umum ada 2 cara, yaitu:
  1. Secara langsung mencari calon pembeli link (advertiser) melalui forum-forum webmaster di internet atau menunggu tawaran pembelian link yang datang secara langsung ke blog kita melalui halaman kontak (inilah pentingnya menambahkan halaman CONTACT US di blog kita), atau alamat email dari WHOIS domain blog kita.
  2. Secara tidak langsung, bisa melalui perusahaan paid links yang bertindak sebagai perantara (broker), atau melalui seseorang yang bekerja sebagai links broker. Hanya saja, biasanya harga broker relatif lebih rendah dibandingkan dengan harga link melalui penawaran langsung.
Yang kedua yaitu dengan paid review
cara memasarkan blog kita untuk mendapatkan job review Secara umum ada 2 jalan, yaitu:
  1. Secara langsung mencari calon pembeli review (advertiser) melalui forum-forum webmaster di internet atau menunggu tawaran pembelian review yang datang secara langsung ke blog kita melalui halaman kontak (inilah pentingnya menambahkan halaman CONTACT US di blog kita), atau alamat email dari WHOIS domain blog kita.
  2. Secara tidak langsung, bisa melalui perusahaan paid reviews yang bertindak sebagai perantara (broker), atau melalui seseorang yang bekerja sebagai broker. Hanya saja, biasanya harga review yang melalui broker relatif lebih rendah dibandingkan dengan harga review yang melalui penawaran langsung.
Yang ketiga yaitu melalui program paid banner
paid banner di sini adalah space iklan banner yang kita jual ke advertiser dengan harga flat dalam jangka waktu tertentu. Misalnya, ada advertiser yang memasang sebuah banner berukuran 728×90 px di header blog kita untuk jangka waktu 3 bulan dan membayarnya dengan sejumlah uang. Jadi, meskipun iklan bannernya tidak ada yang klik, tapi kita tetap akan dapat bayaran yang sudah tetap setiap bulannya atau setiap periode waktu tertentu.
Nah, berapa jumlah banner yang bisa kita jual di sebuah blog? Tidak terbatas juga, ini artinya potensi penghasilan sebuah blog dari paid banner juga tidak terbatas, bukan?
Hanya saja, biasanya advertiser lebih tertarik membeli paid banner pada blog yang memiliki trafik (pengunjung) yang tinggi, atau pagerank yang tinggi pula. Jadi bahkan blog dengan PR0 saja sudah bisa menghasilkan uang dari paid banner, asalkan pengunjungnya setiap hari lumayan.
Yang ketiga yaitu dengan program pay per klik
Program Pay per click (PPC) memberikan kesempatan bagi para pemilik blog, untuk memasang script iklan di blog mereka dan penghasilannya ditentukan oleh seberapa banyak pengunjung blog tersebut meng-klik iklan yang ditampilkan. Jadi penghasilan dari PPC sangat ditentukan oleh pengunjung blog, baik secara kuantitas maupun kualitasnya.
Iklan yang ditampilkan dalam program PPC bisa dalam bentuk iklan text (tulisan), iklan banner (gambar), iklan video (video ads); baik dalam wujud statis maupun yang berupa gambar dinamis (flash), tinggal kita yang memilih akan menampilkan iklan model apa, ukuran berapa dan jenisnya apa.
Ada sejumlah indikator yang menentukan besarnya nilai klik pengunjung atas iklan PPC yang terpajang di blog kita. Sebagian besar program PPC mematok nilai yang sangat tinggi untuk klik yang dilakukan oleh pengunjung dari luar negeri seperti US (Amerika Serikat) dan UK (Inggris Raya).
Mengapa? Karena mereka dianggap memiliki keinginan (interest) dan kemampuan (capability) untuk melakukan pembelian atas barang/jasa yang diiklankan advertiser. Selain itu, program PPC juga ada yang membedakan nilai klik iklannya berdasarkan kata kunci yang terpasang, sehingga kita kenal istilah High Paying Keywords (HPK)-nya Google Adsense.
Nah, jangan heran jika seorang blogger di luar negeri bisa menghasilkan hingga puluhan bahkan ratusan ribu US dollars per bulan hanya dari iklan PPC seperti Google Adsense. Di Indonesia pun, sudah banyak blogger yang menghasilkan hingga puluhan ribu US dollars setiap bulan dari program PPC yang sama. Artinya, peluangnya juga sama, kita semua bisa menghasilkan uang dari blog melalui program PPC, apalagi kalau blognya disajikan dalam bahasa Inggris!
Saat ini blog berbahasa Indonesia pun sudah bisa berpartisipasi pada sejumlah program PPC, baik yang skala global maupun yang skalanya lokal. Beberapa contoh program PPC global yang bisa menjadi sumber penghasilan sebuah blog (tapi tidak terbatas hanya yang saya sebutkan di sini) antara lain: Google Adsense, AdBrite.com, Smowtion.com, AdmaxNetwork, dan sebagainya. Sedangkan program PPC lokal antara lain (tapi tidak terbatas hanya yang saya sebutkan di sini) seperti KlikSaya.com, KumpulBlogger.com, IDBlogNetwork.com, dan sebagainya.


Tips dan Cara Mudah Mendapatkan Uang dari Blog


Share :

0 Response to "Tips dan Cara Mudah Mendapatkan Uang dari Blog"

Posting Komentar